Sebelum Anda Membuka Bisnis Kuliner, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

mitraveho.com – Dalam berbisnis kuliner tentunya tidak hanya sekedar melakukan bisnis atau membuka usaha saja. Berbisnis kuliner adalah bisnis yang sangat besar dengan modal yang tidak sedikit. Apalagi saat akan membuka restoran atau warung makan yang lumayan besar, tentunya modal yang dibutuhkan juga sangat jauh lebih banyak dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain yang  hanya dibuka dalam ukuran kecil. Saat ini sudah banyak ditemukan berbagai macam bisnis kuliner mulai dari makanan dometik hingga makanan asing sehingga para pebisnis kuliner yang baru akan memulai tentunya memiliki banyak pesaing yang sanagt kuat.Melakukan bisnis kuliner memang tidak mudah seperti halnya melakukan bisnis-bisnis kecil yang didirikan oleh banyak orang. Mendirikan bisnis kuliner kecil juga tentunya akan membutuhkan banyak modal juga sehingga tidak hanya bisnis kuliner dengan berukuran besar saja yang harus menyediakan banyak modal. Bedanya saat membuka bisnis kuliner kecil-kecilan tentunya belum begitu repot melayani pembeli dan jelas dapat juga dilayani dengan tangan sendiri. Namun sangat berbeda sekali saat akan menciptakan bisnis kuliner yang lumayan besar dan mudah terkenal oleh masyarakat.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan khususnya bagi orang yang ingin memulai berbisnis kuliner baik di kancah besar maupun kecil. Hal-hal ini yang biasanya juga dapat membantu melancarkan berjalannya bisnis kuliner yang sedang ataupun tengah didirikan pebisnis. Langkah-langkah demikian sebenarnya dapat diciptakan dengan inisiatif sendiri yang sekiranya cocok dengan bisnis maupun orangnya. Akan tetapi banyak juga pebisnis kuliner yang menggunakan langkah atau petunjuk dari orang lain untuk menjaalankan bisnisnya. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis kuliner antara lain:

Sediakan modal usaha
Modal tentunya menjadi bahan utama yang sangat penting sebelum memulai bisnis apapun terutama bisnis kuliner. Bahkan pebisnis kuliner yang bisnisnya sudah berjalan pun akan membutuhkan modal untuk mengembangkan ataupun untuk lebih memuaskan para pelanggan. Modal ini adalah hal penting yang tidak dapat ditinggal ataupun dilupakan begitu saja.

Dalam berbisnis kuliner, sangat membutuhkan banyak modal usaha untuk memulai ataupun untuk melanjutkan serta menjalankan karena kuliner erat hubungannya dengan modal. Bahan-bahan yang akan dijualnya sehari-hari juga tentunya membutuhkan modal sehingga para pebisnis kuliner tiap hari selalu mengeluarkan modal untuk menghidangkan berbagai masakan untuk para pelanggannya.

Namun bila kesulitan dalam mencari modal, para pebisnis dapat melakukan pinjaman ke pihak yang berwenang seperti bank. Dengan ini tentunya harus lebih memperhatikan penghasilan juga karena untuk mengembalikannya harus dari penghasilan bisnis kuliner yang akan didapatkan. Saat memilih melakukan pinjaman ini jangan lupa untuk mencatat sirkulasi pengeluaran serta pendapatan bisnis kuliner supaya tidak terlalu repot saat waktunya mengembalikan naninya.

Pilih tempat lokasi yang strategis
Selain modal, hal yang perlu diperhatikan kembali adalah lokasi. Lokasi ini juga sangat mempengaruhi laku tidaknya bisnis kuliner yang didirikan. Saat mendirikan warung kuliner atau restoran usahakan memilih letak bisnis yang strategis serta mudah dijangkau dan dilihat banyak orang sehingga akan jauh lebih mudah menarik pelanggan dibandingkan yang berada di jauh dari banyak orang.

Disamping itu, memilih lokasi juga yang harus dekat dengan keramaian karena hal ini jelas akan membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dengan mendirikan bisnis kuliner di dekat banyak orang misalnya di dekat sekolah, mall, tempat wisata atau yang lain sehingga akan semakin banyak pembeli dan tentunya penghasilan yang didapat jauh lebih banyak.

Sediakan menu yang banyak dan unik
Menu yang unik disini berarti menu yang sekiranya belum banyak djual di banyak tempat sehingga akan lebih mudah untuk bersaing dengan pebisnis kuliner yang lain. Dengan menyediakan berbagai menu yang tentunya sangat menarik serta sangat unik dan belum banyak yang penjual maka ini akan menjadi suatu hal tersendiri yang berguna untuk memikat para calon pembeli. Dengan memilih menyediakan menu yang kreatif serta berbeda dari yang lain tentunya akan semakin banyak pula peminat yang datang dan menjadi pelanggan bisnis kuliner Anda.

Miliki langganan pemasok bahan baku
Pemasok bahan baku merupakan mitra yang harus dipunyai untuk setiap pebisnis kuliner. Dengan mempunyai mitra untuk memasok bahan baku setiap hari tentunya sudah tidak akan repot lagi dalam mengurus bahan baku yang nantinya akan digunakan untuk memasak. Selain itu, mitra sebagai pemasok bahan baku juga dapat membantu melancarkan proses produksi serta berjalannya bisnis kuliner setiap hari.
Miliki sumber daya manusia
Untuk usaha kuliner yang relatif kecil, mungkin hal ini sangat belum berguna karena dapat ditangani sendii. Namun untuk para pebisnis kuliner yang lumayan besar, tentunya sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk membantu proses kelangsungan jual beli serta membantu melayani para pembeli supaya lebih efektif serta mempersingkat waktu. Dalam hal ini tentunya akan semakin banyak risiko pula misalnya uang pendapatan berkurang, namun disamping itu pekerjaan akan semakin lancar dan akan semakin cepat berkembang.

Miliki target pemasaran
Walaupun dalam keadaan warung berdiam, target pemasaran juga sangat dibutuhkan untuk kelangsungan serta berkembangnya bisnis kuliner. Usahakan menawarkan makanan atau minuman yang relatif lebih murah daripada yang lain karena hal ini tentunya akan menjadi modal sendiri untuk memikat para pelanggan. Namun makanan serta minuman yang disajikan harus sesuai selera juga karena jika harga murah namun yang dijual tidak sesuai tentunya ini akan semakin menjadi kendala untuk bisnis kuliner Anda.

Lakukan Promosi
Hal yang perlu diperhatikan kembali adalah promosi. Usahakan Anda melakukan promosi dengan menyebar brosur ataupun memasang pamflet disuatu tempat untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang bisnis kuliner yang didirikan. Namun dapat juga dilakukan promosi dari mulut ke mulut dan ini merupakan promosi yang simple serta murah tidak perlu membutuhkan banyak biaya, atau dapat juga mempromosikan melalui jejaring sosial maupun dunia maya.

Adanya perizinan usaha
Perizinan usaha ini didapatkan dari instansi pemerintah ataupun dari pihak yang berwenang atau dari MUI demi keamanan serta kelangsungan bisnis kuliner serta menjamin para pembeli bahwa makanan serta minuman yang dijual tidak berbahaya serta halal.

Jaga sikap serta perilaku
Sikap serta perilaku ini biasanya juga dinilai oleh para pelanggan Anda sehingga saat melayani para pembeli haruslah bersikap yang baik serta sopan dan tentunya harus ramah, dengan ini maka akan mudah memikat para pelanggan untuk lebih memilih menjadi palanggan Anda. Hindari muka yang jutek ataupun bahasa yang kasar serta jelek karena hal ini justru akan menjauhkan Anda dari para pelanggan.

Berdoa
Setelah semuanya dilakukan, maka untuk melancarkan bisnis kuliner Anda yaitu dengan cara berdoa. Karena tiada sesuatu yang baik tanpa ridlo Allah SWT. Untuk itu, jangan lupa berdoa demi kesuksesan serta kelancaran bisnis kuliner yang sedang atau tengah dikerjakan.

Demikian sekilas uraian tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis kuliner. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.

source : bisnishack.com

Post Author: adminmitraveho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *