Tips Mudah Tetap Melejit Dan Eksisnya eCommerce

mitraveho.com – Bisnis #eCommerce di Indonesia semakin hari semakin menampakkan perkembangan yang luar biasa. Mulai dari single player sampai corporate berlomba-lomba bersaing untuk mendapatkan konsumen. Usaha yang tak ringan pun dilakukan dengan sangat terstruktur, sistematis dan masif. Mereka para pemain tersebut nampaknya semakin sadar bahwa persaingan dalam bisnis online ini semakin tidak mudah.

Jika tidak mempunyai master plan yang jelas dan terkonsep rapi, jangan harap kita bisa bertahan bergelut dengan bisnis online. Ada beberapa hal dasar yang harus kita ketahui dalam mengelola bisnis online terutama jika mempunyai situs eCommerce.

Beberapa hal yang bersifat basic yang akan diulas di artikel ini adalah tips sederhana untuk menunjang situs eCommerce agar lebih efektif dan mudah dalam memberikan service pada konsumen. Dan yang paling utama adalah agar situs eCommerce bisa tetap bersaing dan berkembang, simak ulasan berikut.

1. Menekan Biaya Pengiriman Seminimal Mungkin

Biaya kirim dalam sebuah bisnis online kalau tidak diperhatikan dengan baik bisa menjadi masalah yang akan menghambat bisnis. Kadang perbedaan yang tidak seberapa dalam biaya pengiriman, bisa membuat konsumen berpaling dari Anda.

Tentu setiap konsumen ingin mendapatkan penawaran yang terbaik baginya. Jika memungkinkan, dengan kalkulasi yang tepat kita juga bisa membuat biaya pengiriman menjadi gratis. Karena saat ini semakin banyak eCommerce yang menawarkan free ongkir pada tiap produknya.

2. Menemukan USP (Unique Selling Point ) Anda Lalu Katakan Pada Dunia

Sebuah USP tidak hanya akan membantu untuk menggambarkan dan menyelaraskan merek, USP juga memungkinkan kita untuk menargetkan konsumen secara efektif, dan menarik lebih banyak pembeli yang pada akhirnya membuka kemungkinan untuk meningkatkan penjualan. Jika merasa belum menemukan USP Anda, maka Anda perlu menjawab dua pertanyaan mendasar di bawah ini.

  • Apa yang membedakan Anda dari pesaing?
  • Mengapa pelanggan lebih memilih toko Anda dari pada pesaing?

Dengan menjawab pertanyaan tersebut kita akan lebih mudah menemukan USP.

3. Transparan Dalam Bertransaksi

Regulasi yang mengatur toko belanja online memastikan rincian penting seperti informasi yang mengharuskan kontak bisnis selalu ditampilkan. Selain itu dalam memberikan informasi sebuah produk harus memberikan informasi transparan dan akurat agar konsumen tidak merasa dibohongi. Meskipun aturan sudah sedemikian ditetapkan, tetapi banyak orang masih memiliki kekhawatiran tentang pembelian secara online.

Yang membuat para konsumen khawatir adalah banyaknya kasus penipuan atau munculnya banyak situs eCommerce yang tidak jelas. Untuk itu akan lebih bijak dan semakin terpercaya jika #website eCommerce yang Anda launching mengutamakan keterbukaan dengan menyampaikan informasi sedetail-detailnya.

4. Prinsip Aman, Nyaman dan Terpercaya

Dalam sistem pembayaran yang Anda tampilkan untuk situs eCommerce harus memenuhi tiga unsur yaitu, Aman, Nyaman dan Terpercaya. Baik menggunakan kartu kredit, PayPal, ataupun dengan transfer bank lokal, yang paling utama adalah keamanan, kenyamanan serta keterpercayaan sistem yang ada dalam situs eCommerce Anda.  Konsumen lebih cenderung untuk melakukan pembelian jika mereka dapat melihat pilihan mereka bisa dipercaya sebelum mereka berkomitmen untuk membeli.

Menampilkan pilihan pembayaran bersama banner pembayaran yang aman memperkuat pesan bahwa situs eCommerce Anda bisa dipercaya seutuhnya. Karena banyak pelanggan yang memiliki metode pembayaran yang disukai, sangat penting bahwa Anda menawarkan berbagai metode pembayaran. Hal ini untuk memastikan mereka tidak ada akan pergi hanya karena transaksi keuangan yang Anda tawarkan membuat mereka tidak nyaman.

5. Sederhanakan Proses Transaksi

Apapun jenis eCommerce yang sedang dikelola, penting kita ketahui bahwa semakin sederhana proses transaksi yang kita tawarkan maka itu adalah suatu nilai plus tersendiri. Mungkin meminta rincian info dari pengunjung dengan pendaftaran bisa menghasilkan banyak manfaat terhadap situs eCommerce Anda. Namun perlu kita ingat bahwa banyak pelanggan lebih menyukai proses yang cepat, akurat dan mudah karena begitu berharganya waktu bagi mereka.

Perlu juga kita ingat, ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan layanan online, baik itu berbelanja atau bertransaksi lainnya, tentu dibarengi dengan keinginan untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan dan bisa memotong proses transaksi yang panjang. Semoga bermanfaat.

sumber : maxmanroe.com

Post Author: adminmitraveho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *